HOME

Selasa, 09 Februari 2016

Asam Jawa

Asam Jawa 

          Sayur yang kita makan setiap hari kebanyakan dibumbui antara lain dengan ASAM. Sehingga rasanya Menjadi Sedap.... memang buah Asam biasa di mamfaatkan sebagai bumbu penyedap berbagai masakan. tapi ada pula kegunaan lainya, misalnya diseduh menjadi wedang Asam atau dibuat manisan dengan dubumbuhi gula dan sebagainya. TAPI... tahukah anada mamfaat buah asam lainnya adalah sebagai salah satu bahan atau ramuan obat tradisional. cukup banyak penyakit yang diobati dengan asam atau buah asam, mulai dari yang cuma berupa buah asam saja sampai dengan yang diramu menjadi jamu. kalian sudah tahu pohan asam bukan ? yah,... pohon yang tinggi besar dan sudah mulai jarang ditemui ini karena banyak yang sudah ditebang dan peremajaannya kurang memadai.


             Asam Atau Asam Jawa (Tamarindus Indica) diduga besasal dari afrika timur, penyebarannya kemudian menyebar luas sampai dibeberapa negara di asia. Diindia tanaman ini diberi nama "Taman Hindi" yang artinya kira kira adalah Kurma dari India.  tumbuhan ini ternyata hidup subur mulai dari daerah pantai sampai dataran tinggi. pohonnya mencapai tinggi puluhan meter dan batangnya bergaris tengah. 
Daun Asam berbentuk lonjong berujung agak bulat dan kecil-kecil. daun daun itu pada musim kemarau berguguran dan kemudian bertunas kembali dalam musim hujan. pada saat itulah buah asam yang sudah tua dipunguti orang untuk dimamfaatkan.
Pohon Asam boleh dikatakan serbaguna, hampir tak ada bagian pohonnya yang tak bermamfaat. Bernahkah demikian?
              Coba kita perhatikan daunnya yang masih muda dapat dimamfaatkan untuk bumbu masakan dan seduh dengan air panas dan gula menjadi "Wedang Asam" yang segar rasanya. buah mudanya untuk bumbu masakan sedang dan asam yang sudah tua dapat dijadikan manisan buah bumbu masakan dan obat obatan tradisional. buah asam banyak mengandung asam tartrat, asam sitrat, asam malat dan berbagai vitamin terutama vitamin C.
            pemakaian asam dalam pengobatan tradisional cukup banyak, misalnya untuk mengobati:
1. Bisul caranya: Asam Jawa dicampur  irisan temu lawak, gula jawa dan air direbus kemudian disaring dan didinginkan lalu diminum secara teratur,
2. Sebagai obat Selesma atau sariawan dengan cara asam jawa diseduh dengan air panas dan dibubuhi gula merah serta diminum dalam keadaan masih hangat. asam jawa juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacar air, gusi meradang,encok.